• Indocement Awards

    Jakarta.23 maret 2014,Tahun ini merupakan tahun keempat penyelenggaraan Indocement Awards yang digagas PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk, sejak 2008 silam.

    Untuk diketahui, di Indonesia terdapat beberapa ajang kompetisi yang bisa diikuti seluruh kontraktor baik skala kecil, menengah maupun besar. Salah satunya adalah Indocement Awards 2014.

    Daniel Kundjono Adam selaku Direktur PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) membunyikan gong tanda dimulainya ajang penghargaan di bidang konstruksi, Indocement Awards 2014.

    Rangkaian kegiatan Indocement Awards ini dimulai dengan Kick-Off Meeting yang bertempat di Shangri-la Hotel, Jakarta. Selain pembukaan Indocement Awards 2014, dalam kesempatan ini para juri yang terdiri dari akademisi, praktisi, peneliti, dan pihak pemerintah yang ahli di bidangnya berkumpul guna menentukan berbagai kriteria penjurian. Tidak ketinggalan, Indocement juga mengadakan Konferensi Pers kepada pihak media yang dilakukan secara terbuka.

    Tahun ini tema yang diangkat dalam Indocement Awards adalah “Bagusnya Indonesia”. “Tema ini diangkat sebagai sarana partisipasi para peserta dalam pembangunan bangsa dengan mewujudkan bagusnya karya yang memilikidampak positif terhadap kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan di Indonesia,” ungkap Daniel Kundjono dalam sambutannya.

    Kategori penghargaanterdiri dari Contractor Award, Developer Award, Semen Tiga Roda Writing Competition Award, Semen Tiga Roda Architectural Design Competition Award, dankategoriterbaru, yaituSemen Tiga Roda Fabrication House Competition Award. Semua kategori ini melibatkan berbagai kalangan, mulai dari kontraktor, pengembang/developer, mahasiswa dan umum, serta perguruan tinggi.

    Apakah anda termasuk di dalamnya? Siapkan diri anda untuk periode pendaftaran! Pendaftaran baik secara online ataupun offline akan dibuka mulai 24 Maret 2014. Bersamaan dengan periode pendaftaran, akan diadakan juga roadshow ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ingin tahu lebih lanjut tentang Indocement awards 2014? tunggu informasinya disini dan segera bergabung dengan twitter dan facebook Indocement Awards !!

    Perhelatan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali untuk menjaring terbaik di bidang konstruksi (contractor award). Selain itu, Indocement Awards juga memberikan apresiasi bagi pengembang terbaik (developer award), mahasiswa, arsitek, peneliti, dan masyarakat umum.

    Menurut juri “Contractor Award” pada ajang Indocement Awards 2014, Tiyok Prasetyoadi,kontraktor yang baik pasti memenuhi kriteria keamanan dalam bekerja, proses konstruksi yang berkelanjutan, inovasi dalam industri, mutu pekerjaan, keamanan (safety) dan lingkungan.

    “Beberapa (perusahaan) sudah berinisiatif melakukan kriteria-kriteria tersebut, terutama kontraktor-kontraktor berskala nasional. Banyak yang sudah jadi pelopor. Untuk green construction misalnya menggunakan bahan yang bisa digunakan kembali di situs konstruksi. Kemudian, bagaimana mengolah air, bagaimana mereka mengurangi dampak (lingkungan), misalnya dalam pengangkutan tanah dan akhirnya merusak jalan,” papar Tiyok.

    Sayangnya, jejak kontraktor besar sulit diikuti oleh kontraktor berskala menengah dan kecil. “Kontraktor menengah dan kecil agak sulit karena mereka harus fokus pada profit. Sementara, apabila melakukan hal ini, dapat dipastikan margin mereka jadi sangat kecil,” tandas Tiyok.

    Untuk itu, kata Tiyok, perlu kerjasama efektif dan berkesinambungan antarpelaku industri sektor konstruksi baik penyedia jasa konstruksi, operator swasta, pemilik proyek, dan pemerintah. Jika kontraktor-kontraktor bekerja dengan baik dan memenuhi kriteria tersebut di atas, seharusnya pemerintah memberikan reward  (penilaian positif dan bentuk perhargaan lainnya).

    “Selama ini, kontraktor yang gagal menunjukkan performanya, atau tidak melakukan tugasnya dengan baik, akan menerima punishment (hukuman). Bangunan roboh, jembatan ambruk, atau pusat belanja runtuh adalah momok bagi para kontraktor. Betapa tidak, malkonstruksi seperti ini akan tercatat dalam rekam jejak kontraktor yang bersangkutan selaku penyedia jasa konstruksi. Pada gilirannya, pemakai jasa berpaling kepada kontraktor lain.

    Sebaliknya, sistem reward juga belum dikenal untuk kontraktor berprestasi. Oleh karena itu, perlu kerjasama antara swasta dan operator pemerintah untuk mewujudkan hal ini,” jelas Tiyok.

    Kompetisi

    Untuk meningkatkan mutu, dan juga menciptakan daya saing tinggi kontraktor-kontraktor di Indonesia, kompetisi merupakan salah satu sarana terbaik. Dengan berkompetisi, menurut Tiyok, para kontraktor dapat menguji kemampuannya dalam hal inovasi konstruksi, penerapan teknologi konstruksi, keamanan (safety), penggunaan material hijau dan lain sebagainya.

    “Selain itu, kompetisi juga berpotensi mengubah pola pikir. Tidak hanya kontraktor yang bersangkutan, melainkan juga seluruh stake holder (semua pihak) di masa depan,” tambah Tiyok.

    Senin (24/3) Indocement Awards 2014 (IA 2014) memulai roadshow yang pertama ke Universitas Kristen Petra. Hadir mengawali acara “Lomba Kuat Tekan Beton” yang diadakan oleh kampus setempat, IA 2014 membagikan ilmu bermanfaat tentang “Pengembangan Teknologi “Beton Cerdik” dengan Menggunakan Penguatan Serat Karbon Polimer sebagai Sensor Beban Kendaraan di Jalan Raya”. Materi ini dibawakan oleh Laily Indah, salah seorang ahli dalam penelitian dan pengontrolan kualitas produk di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement).

    Tidak kurang dari 20 kampus ikut serta dalam acara ini, yaitu Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Jember, Universitas Parahyangan (Unpar), Universitas Negeri Semarang (UNS), Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Tanjung Pura Pontianak, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Banyuwangi, Universitas Diponegoro Semarang (Undip), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Nasional Malang (ITN), Universitas Riau, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Universitas Yos Soedarso, Unversitas 17 Agustus 1945, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Persada Indonesia Y.A.I.

    Dalam kesempatan ini IA 2014 juga membagikan informasi lengkap seputar acara Indocement Awards 2014 yang sedang berlangsung, mulai dari tema, tujuan, kategori, cara mendaftar, syarat dan ketentuan, batas waktu pendaftaran, dan penghargaan yang bisa didapat. Diharapkan akan banyak mahasiswa, dosen, karyawan, dan seluruh pihak yang terkait dengan Universitas Kristen Petra ikut serta dalam upaya menunjukkan dan mengembangkan “Bagusnya Indonesia”
    Selengkapnya mengenai penghargaan tersebut bisa dilihat di www.indocementawards.com.

    Sumber: http://properti.kompas.com/read/2014/03/21/1127581/Kontraktor.Tepercaya.Pasti.Memenuhi.Kriteria.Ini.

    Last 5 posts in berita

    Post Tagged with

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose