• Renovasi rumah dan tambah daya listrik

    Apabila kita melakukan pekerjaan renovasi rumah,misalnya melebarkan ruangan/kamar atau menambah kamar maka akan otomatis menambah daya watt listrik baik untuk pemakaian lampu,tambah AC,Kulkas,dll

    tambah daya/watt listrik pln rumah tanggaMengenal Golongan TTL [Tarif Tenaga Listrik] Rumah Tangga:

    • R1-s/d 450 VA
    • R1-s/d 900 VA
    • R1-s/d 1300 VA
    • R1-s/d 2200 VA
    • R2-3500 VA s/d 5500 VA
    • R2-6600 VA ke atas

    Sebelum membahas seperti judul diatas Mari kita simak dulu ini, Misalkan daya listrik yang terpasang di rumah kita sebesar  900 VA (Volt Ampere), ingat bahwa VA itu bukan Watt. Lalu dengan daya 900 VA tersebut dibatasi lah oleh MCB sebesar 4 Ampere dengan tegangan 220 Volt, tegangan 220 V ini bisa naik bisa turun tergantung banyaknya pemakaian pada jaringan tersebut. Anggaplah tegangannya stabil, Jika di kalikan antara arus dan tegangan di dapatlah daya sebenarnya yang diberikan adalah 880 VA.

    Menghitung berapa VA yang pas buat rumah kita bisa di hitung dari penjumlahan watt dari lampu dan alat-alat rumah tangga yang kita gunakan.

    Listrik Rumah Kita memiliki daya semu, misal Rumah kita berdaya 900Watt,dengan batasan arus 4 Amper ( CB= 4Amper ), padahal senyatanya adalah 900VA ( Daya Semu ). Daya nyata ( Watt ) dibagi dgn Daya semu( VA )= Cosphi ( Faktor kerja )==>Factor kerja berkisar antara = 0,8 s/d 0,98 tergantung dari beban listrik rumah kita.

    Cosphi banyak ditentukan oleh beban-beban listrik dirumah kita, Bila bebannya cendrung Induktif misal ( pompa2 listrik, kipas angin, AC, Kulkas,Mesin Jahit, Lampu TL dll ),

    Daya 900 tadi terasa tidak cukup, hingga CB kita jatuh atau zikring kita putus, Kenapa, karena beban listrik rumah kita lebih banyak besifat Induktif ( pakai kumparan ), hingga cosphi kita menjadi jelek ( < 0.8 ) hingga Arus listrik kita cendrung naik ( > 5 Amper ), hingga CB PLN jadi Jatuh.

    daya (watt) = arus(ampere) x tegangan atau voltase (volt)
    jika rumah kamu mempunyai daya 900 watt dengan tegangan listrik PLN sebasar 220 volt, maka arusnya :
    arus = daya / tegangan
    = 900 watt / 220 volt
    = 4,09 ampere
    biasanya kalau untuk listrik rumah jumlahnya dibulatkan menjadi 4 ampere.

    Rumus Daya Nyata AC 1 Phasa :  W = V x I x Cosphi ==>untuk 3 Phase : W = V x I x V3 x Cosphi
    W= Daya Nyata
    V= Tegangan Listrik Rumah = 220 Volt
    I = Kuat Arus = Amper
    Cosphi = faktor kerja
    V3 = akar 3 = untuk listrik 3 Phase

    Bgm hitungannya ? ==> 900 / 220 x 0.75 = 5,45 Amper   Lantas Bgm Solusinya :

    1. Kurangi Beban-beban bersifat Induktif /kumparan = Pompa2, AC, Kulkas, Lampu TL, Kipas angin,atau hemat pemakaian beban tsb.
    2. Dgn memasang Bank Capasitor ( Alat yg memperbaiki Faktor kerja = Cosphi ), berupa kapasitor, untuk daya 900 VA, cukup pakai kapasitor dgn kapasitas berkisar = 22 micro Farad s/d 50 micro Farad, dgn Tegangan = 450 V / AC atau 650 V / AC dan Frekuensi = 50Hz. ==> Ini dimaksudkan untuk membuat cosphi menjadi > 0.98
    3. Gunakan beban listrik, yang penting saja, matikan beban lisrik bila tak diperlukan. Hemat pangkal kaya, mari berbagi sesama, karena saudara kita didesa blm banyak yg pakai listrik

    Faktor faktor yang membuat pemakaian banyak atau sedikit adalah beban yang dilayani dan waktu yang ditempuh oleh suatu peralatan listrik. Menurut teori kelistrikan bahwa beban listrik mempunyai 3 sifat  yaitu bersifat resistif, kapasitif dan induktif.  Sifat tersebut mencerminkan bendanya yaitu Tahanan untuk sifat resistif, kapasitor untuk sifat kapasitif dan induktor (kumparan) untuk sifat induktif.

    Biasanya beban yang mempengaruhi pemakaian listrik adalah peralatan listrik yang mempunyai lilitan atau kumparan misalnya Pompa air, Mesin cuci, Kulkas, AC (air conditioner), Kipas angin, lampu TL  dan beban ini secara umum ada kita jumpai di rumah walaupun jenis kapasitif dan resistif juga ada. Sifat kumparan dari peralatan tersebut dominan menurunkan tegangan  (terjadi drop tegangan) sehingga menurunkan nilai cos phi (faktor daya) yang nilainya kurang dari 1. Jika daya yang diberikan dari PLN adalah 880 VA  yaitu hasil perkalian dari rumus :

    P = V x I (220 x 4 = 880 VA )

    jika daya listrik telah masuk ke baban tersebut maka akan terjadi perubahan nilai faktor daya (cos ?) yang kurang dari 1 (satu) misalnya 0,6 – 1, anggaplah nilai cos phi 0,8 (di ukur dengan Cos ? Meter).  Jika di masukan dengan rumus daya (daya nyata) P = V x I x Cos ? maka di peroleh

    P = 220 x 4 x 0,8 = 704 watt.

    704 watt merupakan daya maksimal yang bisa kita gunakan, lebih dari nilai tersebut MCB sebagai pembatas akan Trip (jatuh). Jika pemakaian sehari – hari adalah 700 an watt, maka pemakaian daya tersebut sudah maksimal padahal belum mencapai 880 Watt. Oleh sebab itu di buatlah suatu alat penghemat listrik yang prinsip kerja dari alat tersebut sebenarnya adalah memperbaiki faktor daya suatu beban (memperbaiki nilai Cos ? menjadi 1 ) agar daya listrik yang di batasi oleh PLN dapat secara maksimal kita manfaatkan.

    Jika pemakaian sehari hari adalah 704 watt adalah maksimal. Nah dengan di perbaiki faktor dayanya kita bisa memanfaatkan secara maksimal daya dari PLN sebesar 880 VA jadi dengan begitu terjadi selisih sebesar 880 – 704 = ± 176 watt, jika Cos ? di perbaiki maka bisa Hemat Listrik  176 wat, jika tidak di perbaiki maka kerugian daya listrik yang dialami juga 176 watt.

    Untuk menembah daya listrik:

    Kita bisa mengunjungi situs PLN untuk registrasi penambahan daya secara on-line http://www.pln.co .id/ atau untuk sekedar mengetahui biaya tambah daya bisa ke: http://www.pln.co.id/simulasi/tambahdaya/

    Sumber:http://akhdanazizan.com/tips-memaksimalkan-pemakaian-daya-listrik#comment-782

    NOTE:

    • Kami bukan biro jasa pemasangan PLN dan tidak melayani jasa penyambungan baru atau penambahan daya listrik
    • Hubungi kantor PLN ditempat anda untuk pelayanan yang anda inginkan

    Last 5 posts in tips renovasi rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose